Social Icons

Print Friendly and PDF

Thursday, July 19, 2012

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1433 H

Puasa Ramadhan 2012 telah datang. Sebentar lagi kita jelang ibadah suci puasa ramadhan 1433 H biasanya sebelum melaksakan ibadah suci di bulan ramadhan ini, kita bisa saling mengirimkan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan sebagai bentuk kepedulian kita serta sebagai sarana membersihkan diri kita dengan meminta maaf kepada teman sanak saudara dan kerabat.

 

Bulan Ramadhan telah datang
Kemenangan Jiwa harus Kita gapai
Kesucian Hati harus Kita raih
Mari kita sambut bulan yang penuh ampunan
Dengan hati dan jiwa yang ikhlas
Mohon Maaf Lahir dan Bathin


MARHABBAN YAA RAMADHAN

 

Keluarga besar pondoklukman mengucapkan

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1433 Hijriah

Thursday, July 12, 2012

Cara Booting Menggunakan File ISO di Virtualbox


Tutorial ini penulis tujukan umumnya buat pengunjung blog dan khususnya buat teman penulis yaitu pa indrapd he..he.. peace ya pa, yang ingin belajar linux centos tetapi kekurangan komputer, maka dibuatlah sebuah virtual komputer dengan menggunakan virtualbox. Beliau kesulitan untuk booting menggunakan file iso. Virtualbox merupakan software untuk membuat sebuah virtual komputer yang dapat di install dengan sistem operasi. Vmware merupakan software untuk membuat virtual komputer yang sangat handal dan dapat dengan mudah booting dari cd/dvd room maupun dari file iso. Tetapi karena kendala lisensi, maka digunakanlah alternatif lain yang freeware alias gratis.

Virtualbox memang tidak mendukung untuk bisa booting langsung dari sebuah file iso. Maka supaya virtualbox bisa booting menggunakan file iso, dibutuhkan lagi sebuah virtual drive yang mendukung mounting berupa file file image seperti iso. Penulis menggunakan software virtual clonedrive untuk membuat virtual cd/dvd room, dan sesuai dengan prinsip penulis stop pembajakan, virtual clonedrive merupakan freeware alias gratis. He..he..

Penulis asumsikan kalau virtualbox dan virtual clonedrive sudah terinstall dikomputer, jika belum terinstall bisa didownload disini. Untuk installnya penulis sengaja tidak dibuat tutorial karena sangat mudah. Jika sudah didownload kedua software tersebut, tinggal klik 2x di file hasil download, ikuti petunjuknya dan tekan next beberapa kali dan selesai.


1. Sebelum di install virtual clonedrive, coba lihat di my computer. Dan perhatikan drive yang ada hanya Floppy (A:) merupakan drive lama yang sekarang ini sudah tidak dipakai dan DVD RW Drive (G:) merupankan drive room yang terpasang dikomputer.



2. Sesudah menginstall virtual clonedrive, coba perhatikan di my computer, akan terdapat drive baru dengan nama BD-ROM Drive (H:) ini merupakan virtual drive yang telah di install.



3. Klik kanan di BD-ROM Drive (H:) kemudian pilih Virtual ConeDrive lalu Mount. Pilih file iso yang mau dibuat booting di virtualbox.

4. Setelah file iso di Mount, maka akan terlihat seperti berikut. Contoh yang digunakan menggunakan file iso centos 5.6.


5. Setelah file iso centos 5.6 ada di virtualdrive BD-ROM Drive H: jalankan virtualbox. Penulis asumsikan vitualbox sudah dibuat sebuah virtual komputer dengan nama Centos. Klik start untuk menjalankan virtual komputer.


6. Setelah di start, ikuti petunjuk, biasanya hanya tinggal tekan next, ketika muncul permintaan booting ke cd/dvd room atau Select Installation Media . Pilihlah virtualdrive yang telah dibuat, yaitu H:


Jika sudah terlanjur masuk ke virtualbox, anda masih bisa untuk memilih drive. Klik ke Device -> CD/DVD Devices -> Pilih drive yang telah dibuat yaitu H:



7. Setelah dipilih virtualdrive H: maka proses booting akan berjalan. Untuk installasi lebih lanjut, silahkan untuk mencobanya.


Virtualdrive yang muncul akan disesuaikan dengan kondisi komputer anda, mungkin tidak akan sama dengan tutorial ini. Mungkin saja Virtualdrive yang muncul bisa menjadi Drive F: drive G:

Wednesday, July 11, 2012

Install Linux Mint 13 Maya MATE

Dengan melihat info dari distrowatch, Linux Mint berada di peringkat pertama, karena penasaran jadi pengen mencoba install linux mint di komputer. Linux Mint masih turunan dari debian ubuntu. Penulis merasa perlu mencobanya serta menjajalnya. Mudah - mudahan karena diambil sourcenya dari ubuntu, akan menambah linux mint ini menjadi lebih stabil dan lebih user frienldy. Sudah tidak diragukan lagi pengembangan ubuntu sangat pesat sudah mencapai ubuntu 12, yang membuat penasaran penulis yaitu Linux Mint sudah mencapai versi 13. Jadi meskipun dibilang masih baru, tetapi pengembangannya lebih cepat daripada ubuntu. Linux Mint 13 Maya ada codename MATE dan Cinnamon. Tetapi karena menurut banyak sumber codename Cinnamon perlu hardware yang specnya tinggi, sehingga penulis lebih memilih yang codename MATE.

Berikut ini adalah proses instalisasi Linux Mint 13 Maya. Penulis asumsikan, anda sudah memiliki cd/dvd booting Linux Mint 13 Maya. Jika anda belum memilikinya silahkan download file iso disini dan burn ke cd/dvd. Kemudian setting bios supaya boot melalui CD/DVD Room, lalu disave, dan di restart. Jangan lupa masukan cd/dvd hasil burning tadi ke CD/DVD Room.

1. Proses setelah booting melalui CD/DVD Room, membutuhkan waktu krang lebih 10 detik.


2. Lalu akan loading masuk ke Linux Mint 13 Maya.


3.Berikut ini tampilan Linux Mint 13 Maya Live, disini anda bisa mecoba terlebih dahulu untuk menggunakan Linux Mint 13 Maya. Sebelum menginstall secara permanen ke harddisk.


4.Untuk menginstallnya klik 2x pada Install Linux Mint,  tampilah menu Welcome Install as Superuser. Pilih bahasa instalasi English atau Bahasa Indonesia, lalu klik Continue.


5. Lalu masuk ke Preparing to Install Linux Mint. Disini mengecek space harddisk dan internet. Pada instalasi ini terdeteksi bisa akses ke internet. Ini berguna untuk menginstall Language Packs, sebenarnya tidak akses ke internet pun. Instalasi bisa dilakukan. Jadi anda tidak perlu koneksi internet untuk installasi Linux Mint. Klik Continue untuk melanutkan.


6.Lalu masuk ke Installation Type. Pilih Erase disk and Install Linux Mint untuk instal Linux Mint secara otomasi tanpa harus membagi-bagi partisi harddisk. Pilih Something Else untuk membagi partisi harddsik sesuai keperluan. Pada proses ini penulis lebih memilih yang Something Else karena penulis ingin membagi partisi harddsik menadi 3 bagian yaituuntuk / , Home dan Swap. Klik Continue untuk melanjutkan.


7.Lalu masuk ke bagian partisi harddisk, disini adalah proses untuk membagi-bagi partisi harddisk sesuai dengan kebutuhan. Jika harddisk belum ada partisi sama sekali akan tampil seperti ini, dan jika harddisk sudah pernah dilakukan partisi tampilanya akan berbeda, dan partisi yang ada harus dihapus terlebih dahulu. Dengan cara pilih partisi, kemudian tekan Delete. Pada instalasi ini harddisk masih kosong, jadi anda perlu hapus partisi, hanya langsung ke proses pembagian partisi. Klik New Partition Table untuk membuat partisi baru.


8.Lalu muncul konfirmasi pembuatan partisi baru, klik Continue untuk melanjutkan.


9.Lalu akan muncul partisi baru yang masih kosong, Free Space disni sizenya hanya 16GB, tekan Add untuk membagi beberapa partisi.

A

10.Kan masuk ke menu Create Partition. Partisi pertama untuk / , pilih Type Partition Primary, isi Partition Size sesuai kebutuhan. Pada instalasi ini memakai 10000 atau sekitar 10GB,Pilih Beginning untuk  Location Partition, Ext4 untuk use as dan pilih / untuk  Mount Point. Kemudian tekan Ok untuk membuat partisi . Sesuai dengan rencana awal tadi untuk membagi menjadi 3 partisi utama / , Home dan Swap.


11.Partisi / dengan Type Partisi Ext4 sudah dibuat. Selanjutnya membuat Home dan Swap. Tekan Add untuk membuat partisi yang lain.


12. Muncul kembali menu Create Partition. Plih Logical untuk Type Partition, isi Partition Size sesuai kebutuhan, pada instalasi ini memakai 4105 tau sekitar 4GB, pilih Beginning untuk Location Partition, pilih Ext4 untuk use as dan pilih /home untuk Mount Point. Lalu tekan OK. Partisi /home sudah dibuat tekan Add untuk membuat partisi terakhir.


14.Partisi terakhir adalah untuk Swap. Setelah menekan Add muncul kembali menu Create Partition. Pilih Logisal untuk Type Partition, isi partition size sesuai kebutuhan, pada proses ini memakai 2000 atau sekitar 2GB, pilih Beginning untuk Location Partition , pilih swap area untuk use as. Tekan OK untuk membuat partisi Swap.


15.Tampilan partisi harddisk yang sudah dibuat. Klik Install Now untuk memulai instalasi Linux  Mint.


16. Proses Detecting File System akan terjadi pada saat proses instalasi Linux Mint.


17.Lalu muncul zona waktu, biasanya akan terisi otomatis. Bila tidak pilih sesuai dengan zone waktu di tempat anda. Pada proses ini zona waktu yang dipakai adalah Jakarta.


18.Lalu muncul Keyboard Layout. Biasanya akan terpilih otomatis, atau pilih English (US) untuk Keyboard Layout secara umum.

.
19.Lalu akan muncul menu Who Are You. Isi sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda memilih Log in automatically maka tidak akan muncul menu login pada saat pc/laptop dinayalakan untuk masuk ke Linux Mint. Jika anda memilih Require my password to log in, maka akan muncul menu login sebelum masuk ke Linux Mint. Pada proses ini penulis lebih memilih yang Log in Automaticall. Klik Continue untuk proses instalasi.


20.Proses Instalasi Linux Mint


21.Proses Download Language Packs terjadi karena pc/laptop terhubung ke internet.


22. Instalasi telah selesai, tekan Restart Now untuk restart pc/laptop dan menikmati Linux Mint 13 Maya.


Demikian proses instalasi Linux Mint 13 Maya, Selamat mencoba dan menikmati.

Tuesday, July 10, 2012

Free Software Cloning Harddisk di Linux

Cloning harddisk adalah proses untuk mengcopy seluruh harddisk atau bagian partisi pada harddisk, bisa disebut juga dengan duplikasi dari harddisk yang satu ke harddisk yang lain. Untuk mengcloning harddisk biasanya secara langsung disk to disk atau dibuat kedalam sebuah image file terlebih dahulu. Cloning harddisk dilakukan untuk backup system ataupun backup data. Jadi ketika terjadi kerusakan pada harddisk utama, kita bisa memiliki backup tanpa harus install ulang dari awal untuk system dan copy paste datanya.

Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan software untuk cloning harddisk yaitu norton ghost dan acronis, kedua software ini memang power full untuk masalah cloning harddisk. Tetapi anda harus merogoh kocek yang lumayan untuk mendapatkan software tersebut. Mungkin dengan mencari crack merupakan jalan keluarnya. Tetapi penulis tidak menyarankan untuk melakukannya. Maaf bukan berarti penulis munafik, dulu memang cukup sering cari crack. Tapi sekarang sudah tobat, takut hak untuk penulis diambil juga sama orang lain, karena kita sering crack software buatan orang lain dan itu berarti kita telah mengambil hak orang/perusahaan tersebut. Ini berlaku bagi yang membuat cracknya maupun yang memakainya. he..he.. Peace ah

Untuk itu penulis menyarankan menggunakan software yang free diantaranya Macrium Reflect, Easeus Todo Backup, XXClone Free, Clonezilla, Ghost for Linux (g4l) dan masih banyak lagi, tinggal searching di google. He..he...

Kendala penulis untuk cloning harddisk yaitu software tersebut harus di download terus di install di komputer, dan ada juga harus di burn ke cd/dvd kemudian mengubah booting bios ke cd/dvd room, ini lumayan merepotkan. Faktor kendala utama bagi penulis adalah sistem operasi yang digunakan bukan windows, tetapi sistem operasi open source linux tidak menggunakan gui, hanya menggunakan command shell serta komputer berada jauh diluar kota penulis.

Penulis akhirnya searching kesana kemari mencari alternatif lain, namun kebanyakan referensi untuk cloning harddisk di linux, banyak menggunakan ghost for linux ( g4l ) dan clonezilla. Tanpa sengaja penulis menemukan Job Control Language di Wikipedia. Job Control Language ( JCL ) merupakan bahasa scripting yang digunakan pada sistem operasi mainframe IBM untuk menginstruksikan sistem tentang cara menjalankan pekerjaan batch. Setelah baca panjang lebar, dalam bahasa scripting tersebut ada perintah dd ( Data Description ). Perintah dd ini digunakan untuk convert dan copy file. Kemudian penulis menelusuri lebih dalam lagi mengenai perintah dd. Ternyata perintah dd ini sudah digunakan sejak pertengahan tahun 1980, itu pun kalau tidak salah menterjemahkan, maklum bahasa inggris penulis hanya mengerti back, next, cancel, yes, no, dan finish. he..he... Telah ditulis berulang kali, diterapkan pada beragam sistem serta sudah dilakukan pengujian. Perintah dd menjadi bagian dari paket instalasi pada distribusi Linux dan menjadi tools, command atau perintah yang sering digunakan pada level tingkat rendah pada Unix dan Linux untuk copy dan convert file.

Perintah atau command dd banyak digunakan untuk backup data karena dapat mengcopy atau duplikasi yang sama persis dari tiap byte harddsik dan menyimpan ke bentuk file image atau ke harddisk yang lain serta dapat restore atau recovery dari hasil backup.

Untuk lebih jelasnya langsung peraktek saja, perintah atau command yang ada disini sudah penulis coba dan hasilnya sangat memuaskan. Perintahnya sederhana dan selalu ada statement if dan of. If untuk input file atau sumbernya (source) dan Of untuk output file atau tujuannya (destination).

dd if=soure of=destination

untuk memastikan posisi harddisk gunakan perintah fdisk -l
Jika cuma ada /dev/sda berarti cuma ada satu harddisk, jika ada /dev/sda dan /dev/sdb berarti ada 2 harddisk dan seterusnya.

Cloning

dd if=/dev/sda of=/dev/sdb
ini berarti membuat cloning seluruh harddisk dari harddisk ke-1 /dev/sda ke harddisk ke-2 /dev/sdb


dd if=/dev/sda1 of=/dev/sdb1
ini berarti membuat cloning partisi harddisk dari harddisk ke-1 /dev/sda1 ke harddisk ke-2 /dev/sdb1


dd if=/dev/sda of=/home/pondoklukman/hd.img
ini berarti membuat cloning seluruh harddisk /dev/sda menjadi bentuk image disimpan di /home/pondoklukman


dd if=/dev/sda2 of=/home/pondoklukman/partisi2.img
ini berarti membuat cloning partisi harddisk di /dev/sda2 menjadi bentuk image disimpan di /home/pondoklukman

Restore
dd if=/home/pondoklukman/partisi2.img of=/dev/sda2
ini berarti merestore partisi di /dev/sda2 dari hasil backup yang ada di /home/pondoklukman


iso Maker
dd if=/dev/cdroom of=/home/pondoklukman/cdimg.iso
ini berarti membuat file iso dari cdroom di simpan di /home/pnodklukman dengan nama file cdimg.iso



Perintah lainnya yang belum sempat diuji oleh penulis.


Transfer via ssh
dd if=/dev/sda2 | ssh user@domain/ip "(cat > partisi2.img)"


Rescue file
dd if=file.avi of=rescue_file.avi conv=noerror


Menganalisa harddisk sesuai blok yang dipilih
dd if=/dev/sda2 count=1 skip=10000

Untuk melihat perintah yang lainya, baca di manualnya dengan cara, man dd.
Dengan adanya perintah atau command shell dd ini, penulis banyak terbantu, tanpa harus download dulu software lalu di install atau tanpa harus burn ke cd/dvd kemudian booting via cd/dvd room. Dan dengan command shell dd ini, bisa dilakukan dengan jarak jauh melalu remote ssh server dan tentunya Open Source sudah pasti Free. Selamat mencoba !