Social Icons

Print Friendly and PDF

Friday, November 5, 2010

Hujan Abu Vulkanik Merapi Sampai Sukabumi


Jakarta - Hujan abu vulkanik Gunung Merapi sudah mencapai Kota Sukabumi, Jawa Barat, ratusan kilometer dari Merapi. Sepeda motor yang diparkir di kota itu pun berselimut abu tipis.

"Abunya menempel di jok, spion dan juga di tangki bahan bakar," kata Ahmad, salah seorang warga Sukabumi kepada detikcom, Jumat (5/11/2010).


Ahmad menyatakan, hujan abu di Sukabumi masih tipis. Abu juga belum menutupi jarak pandang di kota itu. "Ini baru saja turun. Pas Jumatan tadi tidak ada abu," katanya.

Ahmad menjelaskan, sampai saat ini situasi kota masih normal. Aktivitas warga di kota itu belum terpengaruh hujan abu.

Informasi yang sama diungkapkan oleh Sacildh. Menurutnya hujan abu juga terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) Chevron yang terletak di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Debu tipis ini menutupi mobil-mobil yang terparkir di kawasan itu.

Hujan abu vulkanik Merapi juga terjadi di beberapa daerah di Jawa Barat. Daerah-daerah seperti Cimahi, Tasikmalaya, Bandung dan Pangandaran terkena abu vulkanik Merapi.

Sumber detik.com

Bandung Dilanda Hujan Abu




BANDUNG - Warga Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung dikagetkan dengan terjadinya hujan abu sejak pagi tadi. Menurut Camat Pangalengan Haris Taufik, hujan abu diperkirakan terjadi sekitar pukul 06.00 WIB.

"Hujan abunya tipis. Warga baru sadar setelah melihat di jemuran, kok ada abu berwarna putih," kata Haris saat dihubungi okezone, Kamis (4/11/2010) pagi.

Selain menempel di jemuran, kata Haris, abu juga menempel di kendaraan warga, terutama di pelat nomor. Abu terlihat jelas pada benda-benda yang berwarna hitam.

"Abu terlihat pada benda-benda yang berwarna hitam seperti pelat nomor, jok motor. Tapi terlihat tipis," tandas Haris.

Haris mengaku belum tahu dari mana sumber abu tersebut. Namun, kata dia, rata-rata seluruh desa di Kecamatan Pangalengan mengalami hal tersebut.

"Di sini ada 13 desa, dan rata-rata mereka melapor ada hujan abu. Seperti Desa Margamulya, Banjarsari, Sukamanah, Pulasari, dan Pangalengan," kata Haris.

Cuaca di Pangalengan sendiri, lanjut Haris, saat ini mendung. Beberapa hari yang lalu, hujan juga mengguyur Pangalengan.
Sumber okezone.com